Portalbangsa.id, Tenggarong, Kukar – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) soroti permasalahan kebersihan di objek wisata. Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta, meminta kesadaran pengunjung untuk turut menjaga kebersihan demi meningkatkan daya tarik wisata Kukar.
“Masalah sampah menjadi persoalan yang belum teratasi. Ini berdampak pada kenyamanan wisatawan dan berpotensi menurunkan minat berkunjung,” ungkap Ridha, Senin (27/5/2024).
Dispar Kukar melihat pentingnya tanggung jawab bersama antara pengelola objek wisata dan wisatawan. Meskipun pengelola sigap menyediakan tempat sampah, nyatanya kebersihan belum optimal.
“Pengelola memang bertanggung jawab atas kebersihan fasilitas. Namun, wisatawan juga perlu berperan aktif dengan membuang sampah pada tempatnya,” tegas Ridha.
Kurangnya kesadaran wisatawan dalam menjaga kebersihan menjadi perhatian serius Dispar Kukar. Mereka berharap wisatawan turut mengawasi anak-anak dan tidak membiasakan buang sampah sembarangan.
“Menjaga kebersihan dan ketertiban adalah tanggung jawab bersama. Ini termasuk hal mendasar yang bisa dilakukan wisatawan,” jelasnya.
Dispar Kukar mengajak seluruh pihak, termasuk pemerintah daerah, untuk bersinergi meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan objek wisata. Dengan lingkungan yang bersih dan terawat, diharapkan pariwisata Kukar semakin berkembang.
ADV/Dispar Kukar